Selasa, 01 Desember 2009

ASAL USUL AYAM SERAMA

Serama merupakan mahluk hasil kreatifitas Wee Yean Een seorang “penghulu ayam” dari Negeri Jiran. Pada tahun 1971 ia menyilangkan ayam Kapan alias kate kaki panjang dengan ras ayam Modern Game Bantam.
Ayam kapan ia pilih lantaran memiliki sayap menjuntai lurus ke bawah. Sedangkan Modern Game Bantam memiliki postur badan tegap, leher panjang dan tertarik ke belakang menyerupai huruf S. Pada tahun 1973 Wee Yean Een menyilangkan keturunan pertama hasil perkawina antar ayam kapan dan Modern Game Bantam dengan jenis ayam sutera (Silkie Bantams). Perkawinan tersebut akhirnya melahirkan ayam sutera berpostur badan kecil. Wee Yean Een nampaknya masih tidak puas dengan hasil persilangan tersebut. Penghulu ayam itu lalu menjodohkan keturunan ke dua tersebut dengan kate jepang. Ayam ini punya warna bulu indah serta bentuk ekor berdiri tegak. Pada tahun 1988 mak comblang ayam itu akhirnya berhasil mencetak ayam kate dengan bobot kurang dari 500 gr.
Wee Yean Een lantas memberi nama “Serama” kepada ayam berbadan mikro itu. Julukan tersebut ia berikan lantaran ayam hasil kreasinya itu memiliki gaya dan penampilan gagah layaknya Sri Rama tokoh pewayangan dalam kisah Ramayana. Lidah Wee Yean Een menyebut Sri Rama berubah menjadi berlafal serama.
Ayam serama dipublikasikan pada tahun 1990 melalui kontes pertama yang diselenggarakan di Perlis.

Ayam serama sampai saat ini merupakan AYAM TERKECIL DI DUNIA. Sampai saat ini perkembangan ayam serama di INDONESIA termasuk pesat.
Pada umum nya serama yang berkualitas bagus bobot nya hanya 300gr saja.Serama dengan jenis BODYBALL,berperawakan tegap dengan dada membusung layaknya prajurit yang hendak ke medan perang.sSayapnya menjuntai kebawah leher di tekuk ke belakang dan dadanya membusung sombong dan angkuh.
Serama jenis SLIM,berperawakan mungil dan langsing.badan nya proporsional anggun dan berwibawa.Demikian kira-kira asal usul ayam serama yang  merupakan ayam terkecil di dunia tsb.

2 komentar:

DINDIK PRISTIANDY mengatakan...

siiiiiiip............!!!!

safrijal mengatakan...

ayam ini memang bagus dihias karna bulunya